Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelajaran Dari Lebah




Tulisan ini saya ambil dari status Anwar Ebtadi, saya kumpulkan tulisan ini dari beberapa status beliau, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi saya sendiri dan para pembaca.Ayo kita simak, apa yang dapat kita pelajari dari LEBAH.
 
Pelajaran Pertama dari Lebah " JAGALAH MASA DEPAN " dasar kegiatan yang dilakukan lebah adalah apa yang dilakukan hari ini untuk persiapan esok, apa yang terbaik sekarang mungkin tidak akan baik besok,dalam bahasa bisnis, lebah sangat banyak banyak menanamkan modalnya dalam penelitian dan pengembangan, secara terus menerus mencari hal terbaik berikutnya sambil menyerap keuntungan-keuntungan.

Pelajaran ke dua "lebah sangat berhati-hati dalam menghemat bahan bakar mereka, yang sangat berharga selama pemburuan dan pemanenan sumber daya supaya tidak terjadi kekurangan pada diri mereka, lebah tidak pernah menghabiskan kapasitas mereka demi keberhasilan jangka panjang organisasi.

Pelajaran ke tiga " Lebah Bertindak Berdasarkan Kebaikan " Cara kerja lebah madu yang lancar dan efisien di dalam sarang memainkan pemeliharaan garis keturunan genetik. Tidak ada persaingan yang terjadi di antara kelompok keluarga yang menghentikan koordinasi, dan tidak mementingkan diri sendiri.

Pelajaran ke empat " Utamakan Kebersamaan, Hindari Egosentris ". Tema organisasi sarang lebah adalah semuanya dikerjakan demi kebaikan seluruh anggota, sedangkan komonitas adalah pusat dari semua kegiatan koloni,setiap lebah bekerja dan berkorban untuk membentuk sebuah organisasi yang lebih besar dari gabungan bagian-bagiannya.Kerja sama tingkat tinggi dapat dicapai dan bertahan lama jika setiap anggota kelompok mau dan mampu (Bukan sok mampu) dan mengendalikan mereka yang hanya mementingkan diri sendiri,penting bagi seorang manajer memperkuat seluruh komonitas.
 

Post a Comment for "Pelajaran Dari Lebah"