Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil Singkat Wak Uteh




Profil singkat wak uteh, Wak Uteh adalah salah satu nama kelompok musik dari kota Tanjung Balai Asahan yang akrab dengan lagu-lagu Melayu dari pesisir yang penuh banyolan serta lirik lirik yang lucu namun terkadang penuh pesan pesan moral kehidupan, Grup musik ini berupaya semakin melebarkan sayapnya di jagad permusikan Tanah Air, khususnya Melayu Pesisir.

Meskipun tinggal di daerah tapi mereka sudah merilis 11 album Melayu Roncah (campuran) seperti Tapanuli, Melayu dan Padangpasir, salah satunya bertajuk “Wak Uteh” yang sangat terkenal dan seakan menjadi ‘lagu wajib’ berbagai acara-acara. Wak Uteh juga menghadirkan album khas Melayu tanpa campuran dari beberapa bahasa lain.



Walau terbilang sederhana, namun setiap album Wak Uteh selalu terbilang meledak di pasaran. Buktinya, angka 50 ribu kopi selalu berhasil ditorehkan di setiap album baru mereka. Yang paling meledak adalah album ‘Wak Uteh’ yang telah membuat angka ratusan ribu kopi.


Menggabungkan delapan orang yakni Djalaut H, Syafi’i, Darwin STJ, Eka KDI, Masdelina, Syaini, Azlina plus Junaidah berkolaborasi dalam satu grup sebenarnya tak gampang. Tapi bagi Djalaut yang dipercaya memimpin grup tersebut, malah kesempatan guna memaksimalkan setiap potensi anggotanya.

Di albumnya, Djalaut (Wak Uteh), memaparkan, seluruhnya hasil ciptaan mereka dan tetap menghadirkan nada atau syair-syair kocak sebagai identitas.
Yang membedakan grupnya dengan grup lain karena mereka tidak melulu berbicara cinta dalam lagu-lagunya tapi banyak bercerita tentang kehidupan masyarakat pesisir pantai.

Perlu diketahui, dua perusahaan rekaman besar Jakarta berusaha menggandeng Wak Uteh tapi mereka tidak mau. Karena bila hal itu terjadi, maka seniman daerah bakal jadi penonton sebab seluruhnya mereka yang mengerjakan. Beda dengan Wak Uteh, semuanya dikerjakan masyarakat sekitar sehingga juga membuka peluang kerja,” tukas Djalaut HB.


Lirik lagu wak uteh, kumpulan lagu wak uteh, wak uteh

Post a Comment for "Profil Singkat Wak Uteh"