Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana caranya untuk menjadi penulis…???

Pertanyaan ini pasti pernah ditanyakan oleh orang-orang yang ingin menulis, termasuk saya dan mungkin anda. Jika anda ingin menjadi seorang penulis, kunci pertamanya harus menulis.
Penulis bukan hanya mereka yang berhasil menerbitkan tulisannya dalam bentuk buku atau media cetak tapi penulis adalah orang yang menulis.

Apa yang harus saya tulis…?
Banyak sekali hal yang bisa anda tulis, anda bisa menulis tentang diri anda, hubungan anda dengan kawan, keluarga dan masyarakat, masalah yang sedang anda hadapi atau bisa dibilang anda curhat sambil menulis, aktivitas yang setiap hari anda lakukan, seperti ketika anda berada di sekolah atau di kampus. Hal yang paling penting ialah anda harus menulis, masalah apapun itu.

Dimana saya harus menulis…?
Banyak media yang bisa anda jadikan tempat menulis, contoh di buku diary, blog, handphone, facebook, tiwiter, diselembar kertas, di laptop atau di komputer. Selain itu anda bisa menggabungkan antara menulis di kertas dan di laptop. Anda tulis poin-poin penting di kertas kemudian anda kembangkan di laptop.

Bagaimana caranya agar bisa menulis…?
Anda bisa menulis dengan bebas, tulislah apa saja yang terpikirkan oleh anda, jangan berfikir tulisan anda bagus atau jelek, hal terpenting adalah mewujudkan apa yang ada di dalam otak anda ke dalam tulisan. Karena menuangkan apa yang ada di dalam otak ke dalam sebuah tulisan adalah hal yang sulit, jika tidak dimulai. Jangan biarkan ide anda bersarang di kepala anda, karena hal itu akan membuat anda stress. Tuangkan unek-unek anda sesegera mungkin, ambil selembar kertas kemudian tulis.

Apa yang harus saya lakukan ketika menulis…?
Bagi seorang pemula, menulis tidak memiliki teknik-teknik khusus. Menulislah dengan gaya bebas, seperti apakah gaya bebas itu,,,??? Gaya bebas itu adalah penggabungan otak kiri dan kanan, dalam menulis anda lebih mendahulukan otak kanan dan disusul dengan otak kiri.
Lalu bagaimana prakteknya..????
Otak kanan merupakan tempat menulis langsung, apapun yang ada di otak anda, langsung saja anda tulis di selembar kertas. Usahakan untuk tidak mengedit atau merevisi, sebelum anda menyelesaikan tulisan anda.
Meskipun gaya bahasa anda masih tidak beraturan, usahakan jangan diedit, lebih baik tulis saja apa yang ada dipikiran anda, setelah itu anda dapat gunakan otak kiri anda untuk mengedit tulisan anda.
Suatu hal yang penting untuk diingat, tugas anda adalah menulis dan anda seorang penulis, bukan editor jadi editlah sesuai kemampuan anda saja.

Lalu, Bagaimana jika saya tidak punya banyak waktu untuk menulis…?
Menulis bukanlah suatu pekerjaan yang memerlukan waktu yang lama, sisihkan waktu anda dalam sehari 10 menit saja, 5 menit untuk membaca buku favorit anda dan 5 menit lagi anda tulis kesimpulan dari buku yang anda baca.


Tulisan ini saya sadur dari buku menjadi penulis kreatif karya Ipnu Rinto Nugroho

Post a Comment for "Bagaimana caranya untuk menjadi penulis…???"