Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegiatan di Green Youth Camp 2 di Medan

Air Terjun Sipiso-piso

Selesai sudah acara Green Youth Camp 2 yang diselenggarakan Kophi Sumut, banyak cerita, inspirasi, wawasan dan ilmu baru yang aku dapatkan. Sekali lagi aku ucapkan banyak terimakasih kepada Kophi Sumut.

Sedikit menjelaskan Kophi sumut kepanjangan dari Koalisi Pemuda Hijau Indonesia Regional Sumatera Utara. Yang mengadakan acara Green Youth Camp yang ke 2 di Medan. Komunitas ini konsen di bidang lingkungan. 

Selama 4 hari aku dan teman-teman dari Sabang sampai Merauke disuguhkan beberapa kegiatan dari seminar, talk show, pelatihan dan jalan-jalan bertema lingkungan. Kami mendengar pengalaman-pengalaman dari para pakarnya lingkungan dari yang muda sampai yang tua, dari yang enggak tamat SMP sampai yang tamat Master dan Doktor. Pengalaman mereka sungguh luar biasa.

Salah satu pembicara namanya Vania mengolah sampah bekas karung semen menjadi industri keatif yakni tas kulit, hingga hasilnya sampai ke luar negeri, ada juga yang mengolah sampah menjadi kerajinan tangan, menjadi pupuk dan ada yang mengelola Bank Sampah di beberapa sekolah yang ada di Medan.

Hari berikutnya kami diajarkan mengolah barang bekas menjadi suatu yang bernilai dari segi ekonomi, kami diajarkan mengolah sampah dari sisa bubuk teh dan bubuk kayu hasil dari kayu-kayu yang dibuat lemari dan sebagainya. Juga hasil dari sejenis pipa bekas dari gulungan kain-kain. Kemudian dijadikan kotak pensil dan celengan.

Besoknya kami diajak berwisata alam ke taman alam lumbini, di taman ini terdapat sebuah Pagoda replika dari Pagoda yang ada di Myanmar yang terbesar dan tertinggi di Indonesia. Areal taman ini seluas tiga hektar, di sini juga terdapat jembatan gantung di kelilingi pohon-pohon rindang menjadikan taman ini asri, indah dan nyaman.

Pagoda yang ada di Taman Alam Lumbini

kemudian perjalanan dilanjutkan ke air terjun sipiso-piso, sipiso-piso berada di kabupaten Karo, jika dari Medan ke sipiso-piso dapat ditempuh lebih kurang 3 jam, suasana di daerah ini dingin karena terletak di daerah pegunungan. Untuk menuju Air Terjun sipiso-piso, kami turun dengan menuruni anak tangga, medan di sipiso-piso ini biasa saja tidak terlalu terjal, dan mudah karena ada tangga untuk turun dan ada beberapa pos untuk singgah beristirahat dan berteduh di saat hujan.

Lebih kurang 1 jam kami sampai di Air Terjun sipiso-piso, beberapa teman ada yang mandi, dan juga mengambil photo untuk selfie. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang saya lakukan karena selain pergi untuk melihat air terjun kami juga mengutip sampah yang ada di seputaran sipiso-piso, ini berkesan bagi saya pribadi, kegiatan ini bermanfaat dan merupakan modal amal ibadah bagi saya untuk menjaga keindahan sipiso-piso. Banyak memang diantara kita, mencintai keindahan alam Indonesia, tetapi masih kurang dalam menghargai keindahan yang diberikan Allah kepada kita. Alhamdulillah ada 6 karung sampah yang berhasil kami kumpulkan dari air terjun sipiso-piso, mudah-mudahan dapat mengurangi jumlah sampah yang ada di sana.

Di lokasi ini juga menyediakan oleh-oleh untuk para pengunjung yang membutuhkannya, juga berbagai makanan dan minuman halal. Haripun mulai sore, kami beranjak pulang meninggalkan sipiso-piso menuju ke lokasi penginapan.

Dihari terakhir panitia memberikan kejutan, kejutannya ialah mengundang salah satu instruktur yoga yang berasal dari Bali, selama 2 jam kami dilatih Yoga, sungguh ini pengalaman luar biasa yang aku dapatkan, karena sebelumnya, hanya mendengar saja di tv atau medsos tentang yoga, tetapi saat itu, kami langsung diajarkan oleh yang ahlinya, terimakasih panitia Green Youth Camp 2.

Disetiap pertemuan pasti ada perpisahan, walaupun saat itu, teman saya mengatakan dia benci dengan perpisahan saat memberikan kesan dan pesan kepada panitia. Tapi itulah yang harus kita lalui. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemilihan peserta terbaik cowok dan cewek dan juga panitia terbaik cowok dan cewek, dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada masing-masing peserta dan pemberian sertifikat kepada masing-masing peserta serta saling bersalam-salaman antara peserta dan panitia.













Post a Comment for "Kegiatan di Green Youth Camp 2 di Medan"