Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat-kiat yang Dilakukan Saat Dilanda Konflik dalam Rumah Tangga

Kiat-kiat yang Dilakukan Saat Dilanda Konflik dalam Rumah Tangga
Kiat-kiat yang Dilakukan Saat Dilanda Konflik dalam Rumah Tangga

Ada beberapa Kiat-kiat yang Dilakukan Saat Dilanda Konflik dalam Rumah Tangga, menurut Yati Utoyo Lubis, Psikolog UI, bila salah satu pasangan jorok, sementara pasangannya rapi, itu saja sudah bisa memunculkan konflik. Dengan catatan masalah itu dibiarkan berlarut-larut hingga berbalut emosi dan panas hati. Maka dari itu, perlu menata masalahnya agar tidak berujung pada konflik, apa saja kiat-kiat yang perlu  Dilakukan Saat Dilanda Konflik dalam Rumah Tangga ?

1. Tenangkan diri dan intropeksi diri

Cobalah bertanya pada diri sendiri, berpikir tentang masalah yang dihadapi, perlukah dipermasalahkan ? bisa jadi permasalahan ini hanya luapan emosi saja. Dalam hal ini meminta maaf dan memaafkan adalah salah satu cara intropeksi diri.

Kita harus siap mengevaluasi niat, tujuan dan orientasi pernikahan selama ini, banyak dalam kasus konflik dalam rumah tangga berawal dari niat, tujuan orientasi pernikahan yang tidak tepat, jadi tanyakan kepada pribadi kita, apakah nilai-nilai agama sudah menjadi landasan pernikahan kita? apakah problem yang muncul karena sudah melenceng dari niat, tujuan dan orientasi pernikahan yang islami ?.

Mengapa Rasulullah menjadikan agama sebagai orientasi utama, yang perlu diambil oleh seseorang saat memilih pendamping hidup, di samping alasan harta, fisik dan faktor keturunan?. Apakah semua masalah dapat diselesaikan dengan harta yang banyak, atau fisim yang rupawan atau juga keturunan misalnya campur tangan mertua?.

Jawabnya adalah yang bisa mengatasi semua konflik dalam rumah tangga adalah faktor agama seseorang, Bila orientasi pernikahan mengacu pada kehendak Allah, berlandaskan nilai-nilai agama, maka setiap persoalan dapat diatasi tanpa menunggu hadirnya konflik. Misalnya lewat nasehat, kesabaran, rasa cukup, tidak berburuk sangka dan berakhlak mulia.


Post a Comment for "Kiat-kiat yang Dilakukan Saat Dilanda Konflik dalam Rumah Tangga"